STAI KH. MUHAMMAD ALI SHODIQ NGUNUT TULUNGAGUNG TEKEN MOU DENGAN UNIVERSITAS HASYIM ASY'ARI TEBUIRENG JOMBANG

Image Creator
Choiruddin
18 Feb 2024 13:53, Diperbarui 23 Dec 2023 22:48
0 139
Jombang - STAI MAS Ngunut Tulungagung menjalin kerja sama melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang di ruang pertemuan Dosen Universitas Hasyim Asy’ari pada hari Sabtu tanggal 17 Februari 2024. Kerja sama ini berfokus pada penguatan Tri Dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat antar lembaga perguruan tinggi.

Adapun penandatanganan MoU dilakukan oleh Ketua STAI MAS, yaitu Drs. KH. Muhammad Fathurro’uf, M.Pd.I. dengan Rektor UNHASY, Prof. Dr. H. Haris Supratno. Acara ini dilatarbelakangi kebutuhkan tentang koordinasi kelembagaan sebagai wujud Tri Dharma  Perguruan Tinggi. Acara ini pula ini turut dihadiri oleh segenap jajaran pimpinan UNHASY Jombang, serta pimpinan, wakil ketua, kaprodi, dan bebrapa dosen di STAI MAS Ngunut Tulungagung. Ketua STAI MAS mengungkapkan bahwa output dari MoU dan perjanjian kerja sama ini berupa pengembangan kelembagaan, dan studi banding pada masing-masing perguruan tinggi.

Dalam acara tersebut, dilangsungkan pula kegiatan bencmarking antar lembaga kampus, yang dimulai dengan penyampaian profil kampus, diawali dengan pengenalan para pimpinan, yaitu Rektor/Ketua masing-masing intansi disusul pengenalan unsur pimpinan mulai dari wakil/pembantu Rektor, dekan, ketua program studi hingga kepala-kepala lembaga. Dalam kesempatan tersebut dijelaskan pula profil kampus terkait jumlah program studi, jumlah mahasiswa serta lokasi kampus hingga rencana pembangunan ke depannya.

Kunjungan ini sekaligus menjadi ajang untuk diskusi dan belajar dengan Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang yang juga sebagai ‘Abang’ dalam keluarga besar perguruan tinggi Islam di bawah Kopertais Wilayah IV Surabaya. UNHASY Jombang sudah berdiri sejak 1967 sebagai perguruan tinggi keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Kopertais Wilayah IV Surabaya. “Karena kesenioran ini, kami patut ingin diskusi dan belajar banyak, terkait pengembangan kampus,” ujar Fakhruddin Al Farisy selaku Kaprodi MPI STAI MAS. Ia berharap MoU yang dilakukan oleh STAI MAS dan UNHASY ini secara umum, dapat membantu baik dalam kelembagaan maupun kegiatan lain yang ada di kedua belah pihak. “Semoga kerja sama yang dilaksanakan ini dapat memberikan manfaat secara kelembagaan dan kemajuan kegiatan pada lingkup prodi maupun perguruan tinggi” harap Bu Azizah selaku Kaprodi MPI UNHASY. (red/cdn)
Tags: ,
author

Choiruddin

Detail Penulis